- Blog Azadea Azzahra: Bosan dengan kerjaan? Hati-hati, kesehatan otak terancam

Jumat, 06 April 2018

Bosan dengan kerjaan? Hati-hati, kesehatan otak terancam

Bosan dengan kerjaan? Hati-hati, kesehatan otak terancam,- Sebagai manusia yang masuk ke dalam usia produktif, tentu saja hari-harimu diisi dengan pekerjaan. Baik itu pekerjaan formal maupun informal. Pada awal mendapatkan pekerjaan tersebut, tentu kamu merasa bersemangat. Namun setelah dijalankan selama bertahun-tahun, adalah hal yang wajar jika kamu merasa bosan. Kebosanan ini ditandai dengan mandeknya ide dan perasaan malas untuk mengerjakan.

Bosan dengan kerjaan yang setiap hari kamu lakukan tak hanya mengancam produktivitasmu saja. Sebab kesehatan otak dan kemampuan otak untuk bekerja juga ikut menurun. Sebuah penelitian mengungkapkan hal tersebut.

"Kita semua pasti pernah merasa bosan dengan pekerjaan harian yang kita lakukan. Penelitian menemukan bahwa kurangnya stimulasi atau tantangan saat bekerja memiliki efek jangka panjang pada kesehatan otak," ungkap penelitian ini.

"Para psikolog mengatakan bahwa otak adalah otot. Dan saat tidak dilatih dengan baik lewat berpikir atau memecahkan masalah, maka kemampuan kognitifnya di masa mendatang akan berkurang."

Penelitian yang juga dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine ini menyarankan walaupun pekerjaanmu membosankan, kamu harus tetap mengasah otakmu untuk berpikir. Sebab otak yang tumpul tak hanya menurunkan kecerdasanmu namun juga bisa mengundang datangnya penyakit membahayakan sepeti Alzheimer atau demensia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar